Nama Kelompok : Angger Baskara (153090290)
: Nikolaus B.N Da Costa (153090278)
: Yeremia Chrissiantoro (153090277)
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
KOMUNIKASI(PTK)
Dampak Positif dan Negatif Handphone
Kita lihat anak-anak usia sekolah
bahkan sekolah dasar dan TK sekalipun banyak yang sudah menggunakan perangkat
teknologi/gadget seperti HP bahkan Tablet !! Bahkan ada orang tua yang dengan
bangga memperlihatkan dan "memproklamirkan" bahwa anaknya sudah
menggunakan dan menenteng HP generasi terbaru kesana kemari. Sebenarnya
seberapa besarkah manfaat HP terhadap anak-anak diusia seperti ini ? Apakah
sudah ada penelitian mengenai hal ini ? Berikut dampak positif dan egative yang
saya sarikan dari berbagai sumber :
Dampak Positif
-
Mempermudah
komunikasi. Misalnya saja ketika orang tua atau pihak keluarga akan menjemput
anak ketika pulang sekolah/selesai melakukan kegiatan diluar rumah.
-
Menambah
pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Karena bagaimanapun teknologi ini
hari ini sudah merambah hingga kepelososk-pelosok desa.
- Memperluas
jaringan persahabatan.
Dampak Negatif
-
Mengganggu
Perkembangan Anak. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti
: kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di
sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall
dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada
yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ujian. Bermain HP
saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan,
maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
-
Efek
radiasi. Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,.
penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih
berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi
pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak
jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.
-
Rawan
terhadap tindak kejahatan. Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama
dari pada penjahat. Apalagi HP merupakan perangkat yang mudah dijual, sehingga,
anak-anak yang menenteng HP "high end" bisa-bisa dikuntit maling yang
mengincar HPnya.
-
Sangat
berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari
guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang
mengandung unsur pornografi.
-
Pemborosan.
Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP
hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi
pemborosan yang saja.
-
Menciptakan
lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat. Ada keluarga yang tidak mampu,
tetapi karena pergaulan dimana teman-temannya sudah dibelikan HP sehingga
mereka merengek-rengek kepada orang tuanya padahal orang tuanya tidak mampu,
atau bahkan menimbulkan gap antara gank HP keren dan gank HP jadul atau yang
belum memiliki.
-
Membentuk
sifat hedonisme pada anak. Ketika keluar gadget terbaru yang lebih canggih,
mereka pun merengek-rengek meminta kepada orang tua, padahal mereka sebenarnya
belum memahami benar manfaat setiap fitur-fitur baru secara menyeluruh.
-
Anak
kita akan sulit diawasi, khususnya ketika masa-masa pubertas, disaat sudah
muncul rasa ketertarikan dengan teman cowok/ceweknya, maka HP menjadi sarana
ampuh bagi mereka untuk komunikasi, tetapi komunikasi yang tidak baik, hal ini
akan mengganggu aktifitas yang seharusnya mereka lakukan, shalat, makan,
belajar bahkan tidur !! Karena mereka asyik sms-smsan dengan teman lawan
jenisnya.
Dampak positif
telekomunikasi
Teknologi informasi dan
telekomunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain
dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, social, serta agama.
Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi dan
telekomunikasi antara lain :
1.
Peranan
TIK dalam dunia pendidikan
Manfaat TIK dalam bidang pendidikan
antara lain :
-
Berbagi
hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah
dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat
-
Konsultasi
dengan pakar, konsultasi dengan para ahli di bidangnya dapat dilakukan dengan
mudah walaupun ahli tersebut berada di tempat yang sangat auh
-
Perpustakaan
online, yaitu perpustakaan dalam bentuk digital
-
Diskusi
online, adalah diskusi yang melalui internet
-
Kelas
online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan
jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam
bidang pendidikan bagi pelajar antara lain :
-
Dapat
mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
-
Memperoleh
sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
-
Akses
ke para ahli lebih mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu
-
Materi
pembelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik
-
Melalui
belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu. Keuntungan pemanfaatan TIK
dalam bidang pendidikan bagi penyelenggara pendidikan antara lain :
o
Dapat
berbagi hasil penelitian dengan lembaga lain
o
Dapat
member layanan lebih baik ke peserta didik
o
Dapat
menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh
o
Melalui
perpustakaan onlin, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku
o
Dapat
saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain
2.
Pemanfaatan
TIK dalam bidang usaha
Pemanfaatan TIK sangat membantu
kelancaran komunikasi dalam bisnis fedex adalah salah satu perusahaan jasakurir yang memanfaatkan system
informasi untuk mengawasi sampai di mana barang yang akan dikirimkan melalui
bantuan internet. Pemanfaatan TIK untuk membuat layanan baru antara lain
internet banking, SMS banking, dan E-commerce
-
Internet
Banking, adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transaksi
yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo transfer uang, pembayaran tagihan.
-
Sms
banking, adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Transaksi
yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang dan pembayaran
tagihan
-
E-commerce,
adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet
3.
Peranan
TIK dalam bidang pemerintahan (e-government
Tujuan e-government adalah untuk
meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan
dengan pihak-pihak terkait seperti LSM, masyarakat, dan institusi atau
perusahaan.
4.
Peranan
TIK dalam bidang social
Untuk memantau kondisi social masyarakat
pemerintah memanfaatkan TIK dengan programnya yang disebut ICT4PR (information
and Communication Technology for Poverty Reduction). Program ini membangun
pusat-pusat teknologi informasi dan komunikasi yang disebut telecenter. Manfaat
telecenter bagi masyarakat adalah :
-
Sebagai
sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat
-
Untuk
menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
-
Meningkatkan
informasi kesehatan
-
Untuk
melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat
-
Mengembangkan
perdagangan melalui e-commerce
DAMPAK NEGATIF TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi atau teknologi informasi
dan komunikasi ternyata tida hanya memudahkan dan meringankan pekerjaan kita. Computer,
internet dan alat komunikasi modern juga memicu terjadinya tindak kejahatan. Kejahatan
computer adalah tindakan pelanggaran hokum berarti menggunakan computer atau
telekomunikasi untuk melakukan tindakan yang melanggar hokum
1.
Pelanggaran
Hak Cipta
Hak cipta adalah diberikan kepada
seseorang atau kelompok atas hasil karya atau sebuah ciptaan untuk mengumumkan,
memperbanyak, dan menggunakan karya ciptanya.
Tujuan memberikan hak cipta adalah :
-
Melindungi
kepentingan pencipta atas hasil ciptaannya
-
Mendorong
orang untuk berinovasi untuk menghasilkan karya cipta
-
Menciptakan
rasa aman bagi setiap orang untuk menghasilkan sebuah karya cipta yang
bermanfaat bagi manusia
untuk melindungi warga tentang hasil
karyanya pemerintah mengeluarkan undang-undang hak cipta yaitu undang-undang no
19 tahun 2002. Beberapa bentuk ciptaan yang dilindungi antara lain :
-
Buku,
program computer/software, pamphlet, layout, karya tulis yang diterbitkan dan
semua hasil karya tulis lain.
-
Ceramah,
kuliah, pidato dan ciptaan yang sejenis
-
Alat
peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan
-
Lagu,
music dengan atau tanpa teks
-
Drama
atau drama musical, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomime
-
Seni
rupa dan segala bentuk seni lukis, gambar, seni ukir, kaligrafi, patung, dll
-
Arsitektur
-
Peta
-
Seni
batik
-
Fotografi
-
Film
-
Terjemahan,
tafsir, database, dan karya lain
2.
Cybercrime
Kejahatan computer turut berkembang
sering dengan perkembangan pesat internet. Dewasa ini kita mengenal istilah
Cyber crime atau kejahatan dunia maya. Cybercrime adalah sejenis kejahatan yang
dilakukan menggunakan jaringan computer, khususnya internet. Jenis-jenis
kejahatan tersebut antara lain adalah menggunakan kartu kredit orang lain untuk
member barang di internet, pemalsuan informasi di internet, penyusupan jaringan
computer tanpa ijin, pembobolan rekening melalui internet banking, serta
penipuan penjualan melalui internet
Bentuk-bentuk cybercrime antara lain
:
-
Unauthorized
access adalah kejahatan dengan cara memasuki jaringan computer dengan cara yang
tidak sah. Penyusupan untuk mencari informasi, sabotase, pelakunya disebut cracker.
Sedangkan penyusupuan untuk menguji kehandalan suatu system pelakunya disebut
hacker.
-
Illegal
contents adalah memasukan data atau informasi ke internet tentang sesuatu yang
tidak benar dengan tujuan merugikan orang lain, atau menimbulkan kekacauan
-
Cyber
espionage adalah kejahatan dengan memasukkan virus untuk mengancurkan data computer
pihak lain
-
Offense
against intellectual property adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara
menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di internet.
-
Phising
adalah kejahatan dengan cara mengecoh orang lain agar memberikan data
pribadinya melalui situs yang disiapkan pelaku
-
Carding
adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mencuri data kartu kredit orang
lain kemudian digunakan untuk transaksi melalui internet.
3.
Penyebaran
virus computer
Jenis kejahatan computer lainnya
adalah penyebaran computer oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Virus
ialah program computer yang dirancang agar computer melakukan hal-hal yang
tidak diperintahkan. Virus biasanya menginfeksi program aplikasi dan file-file
yang tersimpan di alat penyimpanan data
4.
Pornografi,
perjudian dan penipuan
Internet biasanya digunakan oleh
orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan gambar-gambar porno
untuk merusak mental sebuah bangsa terutama generasi muda. Perjudian juga marak
dilakukan melalui internet misalnya kasino. Penipuan sering terjadi dilakukan
melalui internet dengan cara menawarkan barang yang sangat menarik, namun tidak
sesuai dengan kenyataan
5.
Pembajakan
perangkat lunak
Pembajakan ini biasanya dijual dengan
bentuk CD. Kita dapat dengan mudah menyalin, menggunakan dan menyebarkannya. Akan
tetapi menyalin perangkan lunak tanpa ijin adalah tindakan yang melanggar hukum
karena merugikan pihak lain.
Begitulah telekomunikasi telah
sedemikian rupa mempengarui kehidupan umat manusia. Computer dan alat
komunikasi bisa menjadi alat bantu yang bermanfaat dalam kehidupan kita, tetapi
juga bisa menjadi saran melakukan kejahatan, dampak baik dan buruk teknologi
informasi dan komunikasi tergantung pada manusia yang menggunakannya.
wow keren thanks infonya
BalasHapusSlots – Best Bonuses and No Deposit Casinos
BalasHapusSlots.gg offers more than 200 different moonpay types of casino 1xbet우회주소 games such 가입시 꽁머니 사이트 as Blackjack, Roulette, Slots, Video Poker and Slots. They can 바카라 전략 be played on a 축구 토토 dedicated device like
The most enduring symbol of the Norse - titanium arts
BalasHapus› casinosites.one tj-metal-arts › tj-metal-arts The most https://febcasino.com/review/merit-casino/ enduring symbol of the Norse - titanium arts · herzamanindir The ford fusion titanium most enduring symbol of the Norse - titanium arts · The most novcasino enduring symbol of the Norse - titanium arts.