Kamis, 26 April 2012

"Dampak Positif dan Negatif Teknologi"


Nama Kelompok           :       Angger Baskara (153090290)
                                       :       Nikolaus B.N Da Costa (153090278)
                                       :       Yeremia Chrissiantoro (153090277)


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI(PTK)


Dampak Positif dan Negatif Handphone

Kita lihat anak-anak usia sekolah bahkan sekolah dasar dan TK sekalipun banyak yang sudah menggunakan perangkat teknologi/gadget seperti HP bahkan Tablet !! Bahkan ada orang tua yang dengan bangga memperlihatkan dan "memproklamirkan" bahwa anaknya sudah menggunakan dan menenteng HP generasi terbaru kesana kemari. Sebenarnya seberapa besarkah manfaat HP terhadap anak-anak diusia seperti ini ? Apakah sudah ada penelitian mengenai hal ini ? Berikut dampak positif dan egative yang saya sarikan dari berbagai sumber :

Dampak Positif
-          Mempermudah komunikasi. Misalnya saja ketika orang tua atau pihak keluarga akan menjemput anak ketika pulang sekolah/selesai melakukan kegiatan diluar rumah.
-          Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Karena bagaimanapun teknologi ini hari ini sudah merambah hingga kepelososk-pelosok desa.
-                   Memperluas jaringan persahabatan.

Dampak Negatif
-          Mengganggu Perkembangan Anak. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ujian. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
-          Efek radiasi. Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.
-          Rawan terhadap tindak kejahatan. Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat. Apalagi HP merupakan perangkat yang mudah dijual, sehingga, anak-anak yang menenteng HP "high end" bisa-bisa dikuntit maling yang mengincar HPnya.
-          Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur pornografi.
-          Pemborosan. Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.
-          Menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat. Ada keluarga yang tidak mampu, tetapi karena pergaulan dimana teman-temannya sudah dibelikan HP sehingga mereka merengek-rengek kepada orang tuanya padahal orang tuanya tidak mampu, atau bahkan menimbulkan gap antara gank HP keren dan gank HP jadul atau yang belum memiliki.
-          Membentuk sifat hedonisme pada anak. Ketika keluar gadget terbaru yang lebih canggih, mereka pun merengek-rengek meminta kepada orang tua, padahal mereka sebenarnya belum memahami benar manfaat setiap fitur-fitur baru secara menyeluruh.
-          Anak kita akan sulit diawasi, khususnya ketika masa-masa pubertas, disaat sudah muncul rasa ketertarikan dengan teman cowok/ceweknya, maka HP menjadi sarana ampuh bagi mereka untuk komunikasi, tetapi komunikasi yang tidak baik, hal ini akan mengganggu aktifitas yang seharusnya mereka lakukan, shalat, makan, belajar bahkan tidur !! Karena mereka asyik sms-smsan dengan teman lawan jenisnya.
Dampak positif telekomunikasi
Teknologi informasi dan telekomunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, social, serta agama.
Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi antara lain :
1.      Peranan TIK dalam dunia pendidikan
Manfaat TIK dalam bidang pendidikan antara lain :
-          Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat
-          Konsultasi dengan pakar, konsultasi dengan para ahli di bidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada di tempat yang sangat auh
-          Perpustakaan online, yaitu perpustakaan dalam bentuk digital
-          Diskusi online, adalah diskusi yang melalui internet
-          Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi pelajar antara lain :
-          Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
-          Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
-          Akses ke para ahli lebih mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu
-          Materi pembelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik
-          Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu. Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi penyelenggara pendidikan antara lain :
o   Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga lain
o   Dapat member layanan lebih baik ke peserta didik
o   Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh
o   Melalui perpustakaan onlin, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku
o   Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain

2.      Pemanfaatan TIK dalam bidang usaha

Pemanfaatan TIK sangat membantu kelancaran komunikasi dalam bisnis fedex adalah salah satu  perusahaan jasakurir yang memanfaatkan system informasi untuk mengawasi sampai di mana barang yang akan dikirimkan melalui bantuan internet. Pemanfaatan TIK untuk membuat layanan baru antara lain internet banking, SMS banking, dan E-commerce
-          Internet Banking, adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo transfer uang, pembayaran tagihan.
-          Sms banking, adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang dan pembayaran tagihan
-          E-commerce, adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet
3.      Peranan TIK dalam bidang pemerintahan (e-government
Tujuan e-government adalah untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak terkait seperti LSM, masyarakat, dan institusi atau perusahaan.

4.      Peranan TIK dalam bidang social
Untuk memantau kondisi social masyarakat pemerintah memanfaatkan TIK dengan programnya yang disebut ICT4PR (information and Communication Technology for Poverty Reduction). Program ini membangun pusat-pusat teknologi informasi dan komunikasi yang disebut telecenter. Manfaat telecenter bagi masyarakat adalah :
-          Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat
-          Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
-          Meningkatkan informasi kesehatan
-          Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat
-          Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce


DAMPAK NEGATIF TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi atau teknologi informasi dan komunikasi ternyata tida hanya memudahkan dan meringankan pekerjaan kita. Computer, internet dan alat komunikasi modern juga memicu terjadinya tindak kejahatan. Kejahatan computer adalah tindakan pelanggaran hokum berarti menggunakan computer atau telekomunikasi untuk melakukan tindakan yang melanggar hokum
1.      Pelanggaran Hak Cipta
Hak cipta adalah diberikan kepada seseorang atau kelompok atas hasil karya atau sebuah ciptaan untuk mengumumkan, memperbanyak, dan menggunakan karya ciptanya.
Tujuan memberikan hak cipta adalah :
-          Melindungi kepentingan pencipta atas hasil ciptaannya
-          Mendorong orang untuk berinovasi untuk menghasilkan karya cipta
-          Menciptakan rasa aman bagi setiap orang untuk menghasilkan sebuah karya cipta yang bermanfaat bagi manusia
untuk melindungi warga tentang hasil karyanya pemerintah mengeluarkan undang-undang hak cipta yaitu undang-undang no 19 tahun 2002. Beberapa bentuk ciptaan yang dilindungi antara lain :
-          Buku, program computer/software, pamphlet, layout, karya tulis yang diterbitkan dan semua hasil karya tulis lain.
-          Ceramah, kuliah, pidato dan ciptaan yang sejenis
-          Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan
-          Lagu, music dengan atau tanpa teks
-          Drama atau drama musical, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomime
-          Seni rupa dan segala bentuk seni lukis, gambar, seni ukir, kaligrafi, patung, dll
-          Arsitektur
-          Peta
-          Seni batik
-          Fotografi
-          Film
-          Terjemahan, tafsir, database, dan karya lain
2.      Cybercrime
Kejahatan computer turut berkembang sering dengan perkembangan pesat internet. Dewasa ini kita mengenal istilah Cyber crime atau kejahatan dunia maya. Cybercrime adalah sejenis kejahatan yang dilakukan menggunakan jaringan computer, khususnya internet. Jenis-jenis kejahatan tersebut antara lain adalah menggunakan kartu kredit orang lain untuk member barang di internet, pemalsuan informasi di internet, penyusupan jaringan computer tanpa ijin, pembobolan rekening melalui internet banking, serta penipuan penjualan melalui internet
Bentuk-bentuk cybercrime antara lain :
-          Unauthorized access adalah kejahatan dengan cara memasuki jaringan computer dengan cara yang tidak sah. Penyusupan untuk mencari informasi, sabotase, pelakunya disebut cracker. Sedangkan penyusupuan untuk menguji kehandalan suatu system pelakunya disebut hacker.
-          Illegal contents adalah memasukan data atau informasi ke internet tentang sesuatu yang tidak benar dengan tujuan merugikan orang lain, atau menimbulkan kekacauan
-          Cyber espionage adalah kejahatan dengan memasukkan virus untuk mengancurkan data computer pihak lain
-          Offense against intellectual property adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki pihak lain di internet.
-          Phising adalah kejahatan dengan cara mengecoh orang lain agar memberikan data pribadinya melalui situs yang disiapkan pelaku
-          Carding adalah kejahatan yang dilakukan dengan cara mencuri data kartu kredit orang lain kemudian digunakan untuk transaksi melalui internet.
3.      Penyebaran virus computer
Jenis kejahatan computer lainnya adalah penyebaran computer oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Virus ialah program computer yang dirancang agar computer melakukan hal-hal yang tidak diperintahkan. Virus biasanya menginfeksi program aplikasi dan file-file yang tersimpan di alat penyimpanan data
4.      Pornografi, perjudian dan penipuan
Internet biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan gambar-gambar porno untuk merusak mental sebuah bangsa terutama generasi muda. Perjudian juga marak dilakukan melalui internet misalnya kasino. Penipuan sering terjadi dilakukan melalui internet dengan cara menawarkan barang yang sangat menarik, namun tidak sesuai dengan kenyataan
5.      Pembajakan perangkat lunak
Pembajakan ini biasanya dijual dengan bentuk CD. Kita dapat dengan mudah menyalin, menggunakan dan menyebarkannya. Akan tetapi menyalin perangkan lunak tanpa ijin adalah tindakan yang melanggar hukum karena merugikan pihak lain.

Begitulah telekomunikasi telah sedemikian rupa mempengarui kehidupan umat manusia. Computer dan alat komunikasi bisa menjadi alat bantu yang bermanfaat dalam kehidupan kita, tetapi juga bisa menjadi saran melakukan kejahatan, dampak baik dan buruk teknologi informasi dan komunikasi tergantung pada manusia yang menggunakannya.


3 komentar:

  1. Slots – Best Bonuses and No Deposit Casinos
    Slots.gg offers more than 200 different moonpay types of casino 1xbet우회주소 games such 가입시 꽁머니 사이트 as Blackjack, Roulette, Slots, Video Poker and Slots. They can 바카라 전략 be played on a 축구 토토 dedicated device like

    BalasHapus
  2. The most enduring symbol of the Norse - titanium arts
    casinosites.one tj-metal-arts › tj-metal-arts The most https://febcasino.com/review/merit-casino/ enduring symbol of the Norse - titanium arts · herzamanindir The ford fusion titanium most enduring symbol of the Norse - titanium arts · The most novcasino enduring symbol of the Norse - titanium arts.

    BalasHapus